Tugas Prof. Ishak
1. Makalah Kelompok = dikumpulkan pada pertemuan ke tiga (18 Pebruari 2011)
Judul : Faktor Moral dalam Kepemimpinan Pendidikan
2. Makalah Individu
3. Lapopran Buku
Ieu Silabus ti Prof Ishak
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
SILABUS
A. Deskripsi Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah
Landasan Agama, Filosofis, Psikologis dan Sosiologis Kepemimpinan Pendidikan untuk S3, 3 SKS, Semester 2
Status Mata Kuliah
Mata kuliah ini termasuk mata kuliah lanjutan, dengan tujuan agar setelah selesai matakuliah ini mahasiswa mampu mengkaji dan menjelaskan landasan kepemimpinan pendidikan yang berkaitan dengan pendekatan agama, filosofis, psikologis dan sosiologis terutama dalam menetapkan visi, misi, program dan strategi kepemimpinan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Perkuliahan tersebut mengangkat keunggulan dan kelemahan paradigma kepemimpinan pendidikan dari segi dimensi agama, filsafat, psikologi dan sosiologi baik secara konsep maupun praktek yang ada selama ini.
Pembelajaran yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan perkuliahan ini adalah inkuiri individual, diskusi kelas dan ekspositori.
Tingkat keberhasilan perkuliahan dilihat dari tingkat kehadiran, laporan buku, makalah,
penyajian dalam diskusi, UTS, dan UAS.
B. SILABUS MATA KULIAH
1. Identitas Mata Kuliah
MATA KULIAH : Landasan Agama, Filosofis, Psikologis dan Sosiologis
Kepemimpinan Pendidikan
SKS : 3 (Tiga)
SEMESTER : 2
DOSEN/ASISTEN : Prof. Dr. Ishak Abdulhak / Prof. Dr. Sopyan Tsauri
2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu:
a. Menjelaskan makna dan hakekat kepemimpinan pendidikan beserta faktor-faktor yang memiliki keterkaitan di dalam kegiatannya.
b. Mengkaji keterkaitan antara faktor agama di dalam melandasi konsep dan implementasi kepemimpinan pendidikan.
c. Mengkaji keterkaitan antara faktor filsafat di dalam melandasi paradigm dan pelaksanaan kepemimpinan dalam pendidikan.
d. Mengkaji keterkaitan konsep psikologi di dalam melahirkan gaya dan mekanisme kepemimpinan pendidikan yang perlu dipilih di dalam memimpin institusi pendidikan.
e. Mengkaji keterkaitan konsep sosiologi di dalam proses kepemimpinan pendidikan terutama dalam memobilisasi aktivitas dan anggota serta kelompok yang dipimpin.
3. Deskripsi Isi
Ruang lingkup kajian dalam perkuliahan ini meliputi:
a. Makna dan Hakekat Kepemimpinan Pendidikan, berkaitan dengan aspek jalur, jenjang, dan jenis pendidikan maupun aspek struktur managemen pendidikan.
b. Konsep agama serta penerapannya dalam pelaksanaan kepemimpimpinan pendidikan, terutama berkaitan dengan niat atau motivasi kepemimpinan, moral kepemimpinan, dan model-model kepemimpinan yang bernafaskan agama.
c. Dasar pemikiran ahli-ahli filsafat yang mempengaruhi konsep dan praksis kepemimpinan pendidikan.
d. Konsep dan pengaruh aspek-aspek psikologis dalam melahirkan tingkah laku kepemimpinan pendidikan.
e. Konsep dan pengaruh aspek-aspek sosiologis dalam memoblisasi proses dan peserta dalam pelaksanaan kepemimpinan pendidikan.
4. Pendekatan Pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan inkuiri dan dilengkapi dengan ekspositori untuk memotivasi mahasiswa dan dosen di dalam memanfaatkan berbagai learning resources yang ada. Teknis perkuliahan meliputi kegiatan:
a. Penjelasan mengenai cakupan, permasalahan, dan mekanisme pembelajaran yang perlu dilakukan mahasiswa.
b. Diskusi kelas yang diawali oleh hasil kajian mandiri dan kelompok berkaitan dengan topik yang dibahas.
c. Kajian mandiri dan kelompok terhadap learning resources sesuai dengan topic dan tugas yang telah disepakati.
d. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan LCD yang menyajikan bahan perkuliahan.
5. Evaluasi
Penilaian keberhasilan belajar dalam perkuliahan mata kuliah ini mempertimbangkan aspek-aspek: kehadiran kuliah, mutu laporan membaca buku / chapter, mutu makalah, kesiapan dan penguasaan materi yang disajikan, UTS dan UAS.
6. Rincian Materi Perkuliahan
Pertemuan 1 : Penjelasan rancangan perkuliahan yang berkaitan dengan tujuan
perkuliahan, bahan ajar, strategi perkuliahan, tugas-tugas yang harus
diselesaikan, prosedur evaluasi hasil belajar.
Pertemuan 2: Konsep dan Style Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 3: Hakekat Agama dalam memberikan dasar Pola Kepemimpinan
Penddikan
Pertemuan 4: Implementasi Nilai-NIlai Agama Dalam Memimpin lembaga Pendidikan
Pertemuan 5: Paradigma Aliran-Aliran Filsafat dalam penetapan
Visi, Misi, dan Program Pendidikan
Pertemuan 6: Motivasi dalam Implementasi Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 7: Faktor Kepribadian dalam Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 8: UTS
Pertemuan 9: Faktor Moral dalam Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 10: Kerjasama dan kompetisi dalam membentuk Moral Kelompok
Pertemuan 11: Dasar-Dasar Pertimbangan dan Strategi Pengambilan Keputusan
Pertemuan 12: Membangun Networking dalam Pengembangan Lembaga
Pendidikan
Pertemuan 13: Kepemimpinan Pendidikan Masa Depan
Pertemuan 14: Penilaian Kualitas Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 15: Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan
Pertemuan 16: UAS
7. Rujukan
Atkinson, Rita L. at all. 1983. Introduction to Psychology. Eight Edition. New York. Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Ballantine, Jeanne H. 1983. The Sociology of Education. A Systematic Analysis. New Jersey. Prenticical Inc.
Depdiknas. 2005. Rencana Strategies Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Jakarta. Depdiknas.
…………………. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.
Gilley, Jerry W. Eggland, Steven A. 1989. Principles of Human Resources Development. New York. Addison-Wesley Publishing Company.
Goleman, Daniel. At all. 2002. The New Leaders. Transforming the art of Leadership into the Science of Results. Great Britain. Little Brown.
Hesselbein, Frances. at all (Ed). 1996. The Leader of the Future. New Visions, Strategies, and Practices for the Next Era. San Fransisco. Jossey-Bass Publication.
Keith, Sherry. Girling, Robert Henriques. 1991. Education, Management, and Participation. New Directions in Educational Administration. Boston. Allyn and Bacon.
Lipham, Jame M. at all. 1985. The Principalship. Concepts, Competencies, and Cases. New York. Longman.
Ozmon, Howard A. Craver, Samuel M. 1981. Philosophical Foundations of Education. Second Edition. Columbus. Charles E Merril Publishing Company.
Petri, Herbert L. 1986.Motivation. Theory and Research. Second Edition. Belmont. Wadsworth Publishing Company.
Razik, Taher A. 1995. Fundamental Concepts of Educational Leadership and Management. New Jersey. Prentice Hall.
Sallis, Edward. 1993. Total Quality Management in Education. Philadelphia. Kogan Page.
Tjosvold, Dean. Tjosvold, Mary M. 1995. Psychology for Leaders. Using Motivation, Conflict, and Power to Manage More Effectively. New York. John Wiley & Sons, Inc.
Zohar, Danah. Marshall, Ian. 2000. Spiritual Intelligence The Ultimate Intellegence. SQ. London. Bloombsbury Publishing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar